Wednesday 9 August 2017

fikir

 

Angkasa adalah tanpa bentuk, tapi merupakan tempat bagi semua bentuk...
Hening adalah tanpa suara,tapi merupakan tempat bagi semua suara...
Gelap adalah tanpa cahaya, tapi merupakan tempat bagi semua cahaya.
Kesadaran adalah tanpa pemikiran, tapi merupakan tempat bagi semua pemikiran.


Dalam meditasi mengamati pemikiran, kesadaran mengambil jarak dengan pemikiran.
Itu pemikiran dan ini kesadaran.
Pemikiran berupa gambaran-gambaran mental, sedangkan kesadaran adalah yang mengamatinya.
Ketika berkata-kata di dalam pikiran, maka kata-kata itu adalah pemikiran.
Sedangkan kesadaran adalah yang sadar dan mengamatinya.... Kesadaran bukanlah yang sedang berkata-kata.
Kata-kata itu bukan kata-kata kesadaran.
Kesadaran tidak dapat berkata-kata.
Kesadaran hanya bisa sadar dan mengamati.
Mengamati adanya sosok khayalan yang disebut saya sedang berkata-kata.
Sosok khayalan itu juga yang membayangkan kejadian begini dan ingatan begitu.
Saya adalah sosok khayalan yang diciptakan oleh pikiran.
Saya adalah sebuah pemikiran, bukan benda nyata....

No comments:

Post a Comment

pandang pandang

AKU memandang DIA dipandang Aku merenung DIA tertenung AKU lah TENAGA luar dan dalam TENAGA itulah KUASAnya alam Pertemuan dikiri dan ka...